Ducati 300 cc, Mocil Rasa Italiano

0
123
views

Mas gaaan… sudah sebulan-an ini tersiar kabar bahwa Ducati 300 cc akan menjadi project bersama dengan Hero motorcorp. Ini merupakan berita yang cukup jaw dropping mengingat nama besar Ducati sebagai brand motor Italiano yang sangat eksotis selalu identik dengan mesin powerful, berkubikasi di kisaran 1,000 cc.

Sepertinya brand-brand terkemuka yang selama ini kekeuh mengkhususkan diri memproduksi motor berkubikasi besar mulai bersikap realistis terhadap melambatnya pertumbuhan market global, sehingga mulai melirik segmen entry level ini. Tengok saja Harley yang punya project motor berkubikasi 250 – 500 cc untuk pasar non U.S, dan BMW dengan G310 nya.

Baik Ducati maupun Harley Davidson tidak pernah terpikir untuk membuat small displacement bike sebelumnya, sampai melihat potensi India sebagai market terbesar roda dua secara global. Karakter masyarakatnya yang menginginkan motor kecil dan affordable inilah yang mendorong kedua brand besar tersebut harus mengembangkan line-up produk yang sesuai. Jika sukses di India, bukan tidak mungkin untuk selanjutnya di pasarkan ke market Asia lainnya seperti Cina dan bisa jadi ke Indonesia. 

Ada hal menarik dari project 'mocil' yang dilakukan oleh pabrikan tersebut di atas. Mereka memilih strategi untuk bermitra dengan pabrikan Asia agar 'mengajari' mereka bagaimana cara nya membuat mocil yang sesuai market (value vs price vs volume). Harley belum memiliki partner dalam pengembangan motor 250 cc nya, sementara ini baru ada Harley Street 500 di line up 'mocil' mereka yang dikembangkan sendiri oleh Harley Davidson.

Sedangkan BMW sudah menjalani rumah tangga mereka bersama Hero India dalam melahirkan G310S. Nah sekarang tersiar kabar Hero akan berkontribusi juga dalam project Ducati 300 cc !! Kira-kira model apa ya yang akan dijadikan basis pengembangannya? apakah supersports / motard / monster / scrambler nya? Karena beritanya masih awal sekali maka informasi yang ada juga masih sebatas MoU kerjasama ini ya sob.

Menariq nih untuk disimak perkembangan kedepannya. Ducati 300 cc sepertinya bakalan bikin penasaran banyak fans roda dua, apalagi kalau bukan karena nama eksotisnya Ducati. Kalau melihat line-up Ducati di bawah ini, kira-kira prefer model mana yang di jadikan basis Ducati 300 cc nya sob? share di kolom komentar yaa

Ducati Supersports

ducati 300 ccsource

Ducati Panigale


Ducati HyperMotard

ducati 300 cc

Ducati Multistrada

ducati 300 cc

Ducati Monster

Ducati Monster 1200

Ducati Scrambler

ducati 300 cc

Semoga bermanfaat

ciao!

Related:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here