CBR 250R Livery Repsol Dirilis di India

0
315
views

Cbr 250r

(source)

Sliders,

Berbahagialah kita semua sebagai market di tanah air yang beberapa tahun terakhir ini sering dimanjakan dengan peluncuran produk baru dari pabrikan. Tidak tanggung-tanggung mengingat beberapa event peluncuran memiliki gengsi "world premiere". Ini berarti Indonesia mendapat tempat khusus di mata produsen.

Alhasil konsumen tanah air memiliki beragam pilihan dalam rentang harga yang saling tidak terpaut jauh antara satu pabrikan dengan lainnya. Saking kompetitifnya market, hukum alam berbicara. Produsen saling berlomba-lomba menghadirkan keunggulan-keunggulan pada setiap lini produknya. Cek saja market sports 150cc dan 250cc saat in. Nah, di saat sebagian besar riders di tanah air sedang gegap gempita dengan liputan touring Honda CBR 250RR melintasi pulau Bali. Honda India malah baru meluncurkan CBR 250R berkelir Repsol.

Yang bikin sedih, CBR 250R yang dilabur kelir repsol ini adalah CBR 250 generasi pertama yang masih menusung konsep desain Honda VFR 1200. Padahal CBR 250R dual keen eyes sang generasi kedua sudah lama dirilis disini. Untuk spesifikasi teknis sama sekali tidak ada perubahan. Masih SOHC, satu silinder, headlight dan tail light bohlam. 

Dalam rilis resminya, Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI) menggunakan kalimat "Honda merilis new CBR 250R". Padahal sebenarnya satu-satunya pembaharuan hanya livery nya saja. Hehe.. 

Maksud dari peluncuran New (livery) CBR 250R ini adalah memanfaatkan momentum emosional penggemar motoGP khususnya fans tim Repsol Honda atas gelar juara dunia 2016 Marc Marquez. Tidak ketinggalan nomor start '93' dan '26' yang menjadi ciri khas Marquez dan Pedrosa menjadi pemanis Honda CBR 250R edisi khusus ini.

Kalau memperhatikan siklus pengembangan CBR 250, secara timeline memang ada semacam pola berselang antara versi 250R dengan versi 250RR nya. Dan sepertinya tidak semua market berkesempatan mendapatkan dua generasi CBR 250. Contohnya CBR 250R yang berkode MC41 ini, sejatinya memang pertama kali dikembangkan secara spesifik untuk market Thailand dan India. Di saat Indonesia sudah mengalami update CBR 250R menjadi dual keen eyes (yang tidak sukses juga), konsumen di Thailand dan India masih belum berkesempatan mendapatkan update tersebut. Sekarang ketika Indonesia world premiere Honda CBR 250RR, Honda India malah sekedar meluncurkan kelir repsol CBR 250R MC41. Mungkin memang CBR 250RR belum atau tidak ditujukan untuk market India ini. Nasib… hehe.

Nah biar tidak lupa seperti apa spek CBR 250R generasi pertama tersebut? saya sisipkan secara singkat

  • Length × Width × Height (mm), 2.035 × 0.720 × 1.125
  • Wheelbase (mm), 1.370
  • Ground clearance (m), 0.145
  • Seat height (m), 0.780
  • Curb weight (kg), 161 (STD) 165 (ABS)
  • Minimum turning radius (m), 2.5
  • Engine type, CS250RE, liquid-cooled 4-stroke DOHC single cylinder
  • Displacement (cm³), 249
  • Bore × Stroke (mm), 76.0 × 55.0
  • Compression ratio, 10.7
  • Fuel supply system, Programmed fuel injection system (PGM-FI)

Meskipun demikian konsumen di India termasuk yang pertamakali bisa mencicipi Honda African Twin. Kalau melihat websitdnya Honda India, sang motor enduro tersebut sudah tampil manis siap di order 🙂honda-african-twin

Semoga bermanfaat,

 

ciao!

Related:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here