Honda X-ADV, Skuter Cross Over 750 cc!

0
98
views

Sliders,

Siapkah anda menerima konsep skuter berbobot 238 kg, dengan seat height 820 mm, daaann…mesinnya berkubikasi 750 cc!

Percaya atau tidak, Honda X-ADV yang dipamerkan di EICMA 2016 Milan Italia sudah mewujudkannya. Cocok buat urban warrior atau kurir yang membutuhkan performa tunggangan di atas rata-rata dari yang sudah ada saat ini. Hehe..

Honda X-ADVSejatinya, Honda tidak menggunakan kata 'scooter' ketika menjelaskan Honda X-ADV ini. Inilah inovasi yang dilakukan oleh Honda, dengan membangun suatu produk yang tidak masuk kategori manapun sehingga akhirnya produk tersebut menjadi pionir di kategorinya sendiri. wow!

Lalu bagaimana Honda mendeskripsikan X-ADV?

X-ADV dideskripsikan sebagai cross-over antara konsep SUV dan off-road. Ditunjang dengan sasis yang mumpuni, long-travel suspension, rem empat piston, mesin dua silinder SOHC 8 katup. Daya maksimum yang dihasilkan mesin dua silindernya adalah 40.3 kW atau setara 54.04 hp pada 6,250 rpm sedangkan torsi maksimumnya 68 Nm pada 4,750 rpm. Karakter mesinnya yang kuat di rpm rendah sampai menengah menunjukkan desain mesin yang di gunakan adalah over stroke. Dengan kata lain motor ini gesit dalam berakselerasi

Dual Clutch Transmission (DCT) menjadi fitur standar yang diusung oleh Honda X-ADV, seperti yang terdapat pada Honda CRF1000L Africa Twin. Transmisi ini memiliki dua mode pengaturan:

  • D atau 'Drive', untuk berkendara di rpm rendah-menengah
  • S atau 'Sport', untuk berkendara di rentang rpm atas

Menariknya dengan DCT, rider bisa memilih apakah akan mengatur sendiri mode pengaturan di atas (Manual) atau menjadikannya fully automatic sehingga rider fokus dengan bukaan gas saja.

Honda Twin Africa

Mode Pengaturan Pada Honda Africa Twin (source)

Selain hal di atas, berikut adalah tambahan fitur-fitur unggulan Honda X-ADV:

Riding Experience

Didesain oleh in-house team yang berbasis di Italia, X-ADV mendapatkan sentuhan body bernuansa tangguh. Seat height yang cukup tinggi  (820 mm) dengan jarak pandang yang lebih luas dan posisi lengan yang membuka lebar, menjadikan posisi berkendara di atas motor ini menjadi bergaya off-road.

Kaki-kaki menggunakan velg jari-jari dengan ukuran diameter roda depan 17" dan roda belakang 15". Penggunaan ban tipe enduro yang terlihat dari pattern-nya, menjadikan motor ini semakin siap untuk dipakai off-road. Cocok sepertinya buat jalanan ibukota, hehehe..

Honda X-ADV

(source)

Bagasi

Meskipun Honda lebih senang menggunakan istilah X-ADV sebagai nama dan kategori motor ini, namun bagi saya konsep motor ini dasarnya dari scooter. Anatomi motor ini lah yang membawa saya pada kesimpulan seperti itu, buktinya motor ini memiliki bagasi. Sebuah fitur yang lebih lazim kita temukan pada scooter. Kapasitas bagasinya pun luar biasa, 21 Liter!

Honda X-ADV

Bagasi Honda X-ADV (source)

Rally Style!

Nuansa berkendara ala 'dakkar' semakin memperkuat tema adventure pada Honda X-ADV. Display yang mengadopsi gaya CRF450 Rally-style ini sangat eye catching dengan ukuran yang cukup besar, tapi tidak kebesaran. Indikator yang ditampilkan pada display ini adalah: speedometer, rpm meter, odo meter, kalender, jam, temperatur cuaca, dan konsumsi bahan bakar (L/Km). Lengkap!

Honda X-ADV

Meter Display Honda X-ADV (source)

Agar semakin kental nuansa rally adventure-nya, bagian handlebar tidak ketinggalan dilengkapi dengan handguards yang sudah menjadi fitur standar Honda X-ADV.

Honda X-ADV

Handguard Honda X-ADV (source)

Windshield 5 Pengaturan

Untuk berpetualang, piranti windshield menjadi fitur standar yang melekat pada Honda X-ADV. Asiknya windshield ini memiliki 5 tingkat pengaturan sehingga bisa disesuaikan dengan tinggi pengendara

Honda X-ADVWindshield Honda X-ADV (source)

Sebagai penutup, Honda memiliki perspektif sendiri sehingga sampai merilis produk cross-over ini. Honda berpendapat motor dengan gaya adventure memiliki daya tarik 'great to go anywhere'. Motor yang cocok untuk segala aktifitas, bekerja atau santai. Honda X-ADV menjanjikan kenyamanan, efisiensi dalam berkendara, storage yang lega dan mudah digunakan.

Simak juga video official yang dirilis oleh Honda berikut:

Semoga bermanfaat,

 

ciao!

Related:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here