Bedah GSX-R 150, Good Job Suzuki!

0
1435
views

Sliders,

Kita sudah dengar beritanya bahwa di ajang IMOS-2016 yang digelar pada tanggal 2-6 November 2016 ini Suzuki Indonesia akhirnya merilis produk sport 150 cc. Sedikit diluar dugaan karena ternyata Suzuki merilis dua produk sekaligus di kelas ini. GSX-R 150 tidak diluncurkan sendirian, namun ditemani oleh street version nya GSX-S 150. Keduanya memiliki basis engine yang sama dengan Satria F-150 injeksi.

Oh ya, peluncuran ini world premiere lhoo.

Suzuki GSX-R 150

 Peluncuran Suzuki GSX-R 150 (source)

Mengapa Suzuki melakukan hal ini?

Tadinya saya pikir Suzuki akan merilis versi street-nya GSX-R 150 ini dengan jeda beberapa bulan kedepan. Ini lazim dilakukan pabrikan lain dengan maksud menjaga momen media exposure. Supaya pemberitaan mengenai produk baru bisa berkesinambungan. 

Dugaan saya Suzuki memilih opsi untuk langsung gas pooll di market sport 150 cc, toh 70%-80% proses produksinya sama. Lebih baik dimanfaatkan untuk menggempur pasar dengan menyediakan dua pilihan secara bersamaan, beda kemasan namun rasa mirip-mirip. hehe.

Buat konsumen ini sih berita gembira sekali, sekarang pilihan makin bervariasi!. Saya penasaran dengan tebakan saya mengenai spek dan harga pada artikel sebelumnya, kira-kira jitu apa engga. Langsung saja kita bandingkan melalui tabel di bawah ini

Suzuki GSX-R 150Dari perbandingan di atas, detil perbagiannya seperti ini:

Dimensi

Suzuki GSX-R 150 lebih panjang dan lebih lebar dari Yamaha R15, namun tinggi keduanya sama persis. Meski demikian jika dibandingkan dengan All New CBR 150, dimensi keseluruhan GSX-R 150 masih dibawahnya. Dengan kata lain CBR 150 memiliki predikat paling panjang, paling lebar dan paling tinggi di kelasnya.

Suzuki GSX-R 150

Riding Position

Ground clearance dan seat height Suzuki GSX-R 150 adalah yang terendah di kelasnya. Jika diurutkan dari yang tertinggi hingga terendah, untuk urusan ground clearance maka urutannya adalah: CBR 150 – R15 – GSX-R 150, sedangkan untuk seat height urutannya sedikit berubah menjadi: R15 – CBR 150 – GSX-R 150. Pantas saja ya R15 dinobatkan sebagai ter-nungging di kelasnya, hehehe.

Elektronik

Urusan lampu penerangan GSX-R 150 sebelas-dua belas dengan Yamaha R15,  tanggung. Lampu depan LED sedangkan lampu belakangnya masih bohlam. Yang menarik hal sebaliknya di GSX-R 250, lampu depannya bohlam sedangkan belakangnya LED. Biar adil, hehe. Masalah penerangan dimenangkan oleh CBR 150 yang mengusung LED pada lampu depan dan belakangnya.

Suzuki GSX-R 150

Lampu Depan LED (source), Belakang Bohlam (source)

Panel indikator GSX-R 150 menurut saya merupakan salah satu poin yang menjadikannya unggul. Display-nya lebih luas dan informatif dibanding milik CBR 150 yang sama-sama full digital.

Suzuki GSX-R 150

Kiri: Speedometer All New CBR 150R, Kanan: Speedometer Suzuki GSX-R 150

Handling

Soal riding impression saya belum merasakannya secara langsung. Semoga Suzuki memberi kesempatan untuk test-ride perdana, hehe. Suspensi belakangnya dilengkapi pro-link sedangkan suspensi depan tidak ada yang istimewa, masih telekospik.

Suzuki GSX-R 150

Ukuran ban belakang sama seperti kedua teman sekelasnya R15 dan CBR 150, menggunakan ban bertapak 130 mm. Sayang ban depannya cuma 90 mm seperti R15. Sasis juga tidak ada yang istimewa, menggunakan tipe diamond yang sudah jamak di pasaran.

Mesin

INI DIA!! hehe..biar dramatis

Sektor ini letak keunggulan telak Suzuki. Mengusung mesin dengan platform Satria F-150 yang memiliki karakter overbore dan high rev, menjadikannya unggul di atas R15 dan CBR 150. Sanggup menghasilkan power 14.1 kW atau setara dengan 19.17 PS pada 11,000 rpm! di saat teman sekelasnya mentok di ~17 PS dan berkitir di kisaran 8,500 – 9,000 rpm.

Suzuki GSX-R 150

Mesin GSX-R 150/GSX-S 150 (source)

Mesin overbore membutuhkan putaran mesin yang lebih tinggi untuk memperoleh keluaran power maksimumnya. Artinya lebih ideal dikendarai dengan cara merunut putaran gas, mempertahankan rpm pada kitiran tengah, bukan dengan hentakan-hentakan akselerasi yang tiba-tiba. Dengan mesin seperti ini, penamaan GSX-R 150 sebagai genre sports dari Suzuki menjadi sangat pantas! proficiat!

Kesimpulan

Hadirnya keluarga GSX-R di kelas 150 cc memberikan penyegaran buat customer, apalagi versi street nya juga hadir. Masalah desain, itu selera. Tapi garis desain Suzuki memang khas-nya seperti ini sih. Kita lihat apa mungkin Suzuki me-evolusi pendekatan konsep desainnya seperti Honda dengan CBR 250 RR nya.

Di atas kertas, satu-satunya poin di mana Suzuki outperform di atas lawan-lawannya di kelas ini adalah mesin overbore-nya. Fitur-fitur selebihnya tergolong umum, tidak ada yang terlalu spesial. Harapan saya pada artikel sebelumnya andaikan Suzuki berbaik hati membenamkan salah satu atau salah dua dari beberapa item pemikat di bawah ini terbukti pupus sudah, hihihi

  • upside down untuk suspensi depan,
  • shock belakang ohlins,
  • adjustable brake/clutch lever,
  • hydraulic clutch,
  • multi mode ECU mapping,
  • kaliper bybre

Mungkiiin nanti dijual sebagai Suzuki Genuine Accesories, he he he. Sebagai pelengkap, simak pula iklan resmi yang sudah rilis di Youtube ini

 

Semoga bermanfaat,

 

ciao!

Related:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here