MotoGP Indonesia, 2018 di Jakabaring

0
77
views

Sliders,

Hari ini, sekitar 6 jam yang lalu sejak tulisan ini dibuat Gubernur Sumatra Selatan H. Alex Noerdin, beserta Romy Winata selaku penasihat dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan Ulrich Merres dari Tilke Engineering bertemu di Sepang International Circuit bertepatan dengan perhelatan MotoGP seri Malaysia. Ketiganya disaksikan oleh CEO Dorna, Carmelo Ezpelata menandatangani preliminary contract untuk project MotoGP Indonesia.

motogp indonesia

Yes!

Di pertemuan ini layout sirkuit juga didiskusikan, sepertinya sudah mendekati versi final.

Berita ini kabar positif bagi penggemar MotoGP di Indonesia setelah ketidakjelasan MotoGP Indonesia 2017 yang sebelumnya dijanjikan akan terlaksana. Salut buat Bapak Alex Noerdin sebagai kepala daerah yang sigap mewujudkan kesempatan ini. Kedepannya event ini jelas berpeluang menambah pendapatan daerah dari sektor non tambang. Confirmed, Sumatera Selatan menjadi lokasi yang paling siap menggelar perhelatan ini.

Spekulasi mengenai lokasi MotoGP Indonesia 2018 sudah menemukan titik terangnya. Bapak Alex Noerdin menguatkannya melalui komitmen pembangunan sirkuit MotoGP di Palembang Sumatera Selatan. Letaknya tentulah di kawasan Jabaring sports center.

motogp indonesia

Komitmen Alex Noerdin untuk Moto GP Indonesia (sumber)

Detail layout sirkuit sepertinya juga semakin mengerucut. Terungkap dari foto-foto yang di-upload oleh Bapak Alex Noerdin di akun Facebook miliknya.

motogp indonesia

(sumber)

Melihat keterangan di kanan bawah dari gambar di atas, tertulis bahwa layout ini versi 21 Oktober 2016. Tidak diragukan lagi bahwa ini desain terbaru yang sepertinya telah disepakati.

Layout inilah yang dipresentasikan di hadapan CEO Dorna Carmelo Ezpelata di sirkuit Sepang hari ini. Kalau melihat gambarnya, sirkuit Jakabaring akan memiliki flow yang lebih mengalir dibandingkan desain-desain sebelumnya.

motogp indonesia

Diskusi Layout Sirkuit Jakabaring (sumber)

Semoga masalah sumber pendanaan tidak menjadi permasalahan lagi dalam project ini. Sebagai rakyat awam, kita tidak pernah bisa mengerti mengapa sesuatu yang sudah jelas-jelas besar potensinya disia-siakan begitu saja menguap karena masalah akut bernama 'BIROKRASI'.

Syukurlah untuk hal ini kita bisa sedikit tenang. Dikonfirmasi oleh Bapak Alex Noerdin bahwa pendanaan sirkuit Jakabaring 100% murni swasta. Semoga tidak ada aral melintang yang menghalangi pelaksanaan MotoGP Indonesia tahun 2018.

motogp indonesia

(sumber)

Dengan progress ini seharusnya tidak berarti rencana upgrade Sirkuit Sentul menjadi tertunda. Semoga.. sebab semakin banyak sirkuit permanen sesuai standar federasi motorsport internasional tentu semakin baik.

Jikalau seri MotoGP Indonesia dilaksanakan di Palembang, seri WSBK bisa diajukan untuk mampir di Sentul. Atau kenapa tidak Indonesia diberi kesempatan dua seri MotoGP dalam setahun? 

Spanyol saja dalam musim 2016 ini disinggahi seri MotoGP sebanyak empat kali, mulai dari seri Jerez, Barcelona, Aragon dan Valencia. Sedangkan Italia disinggahi dua seri MotoGP, Mugello dan Misano. Lagipula sentul sendiri sudah cukup disibukkan dengan event-event nasional dan internasional, tentunya akan semakin beralasan jika sirkuit ini semakin professional dan layak.

MotoGP Indonesia di Jakabaring dan Sentul, why not?

Semoga bermanfaat,

 

ciao!

Related:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here