Suzuki GSX-R150, Tebak Spesifikasi dan Harga

2
97
views

Sliders,

Progress pengembangan motor sport Suzuki berkubikasi 150 cc sedikit demi sedikit mulai terkuak melalui beberapa foto spyshot yang kita temukan di beberapa blog otomotif. Motor yang diperkirakan akan mengusung nama GSX-R150 ini nampak sedang di tes di jalanan lengkap dengan stiker kamuflase yang melekat di sekujur fairing.

harga GSX-R150

Spyshot Suzuki GSX-R150 (source: tmcblog.com)

Berbekal spyshot di atas, progress sementara desain GSX-R150 mengusung lampu utama dengan konsep single headlamp ditemani LED pendamping di kanan-kiri nya seperti CBR 250RR. Sedangkan lampu utamanya sendiri mengusung garis desain headlamp Suzuki Satria F150 versi injeksi. 

Versi render-an dari motoblast.org memperjelas detil dari spyshot di atas. Kira-kira seperti ini gabungan konsep pencahayaan utama sang GSX-R150 tersebut:

harga GSX-R150Versi Render motoblast (sumber)

Keuntungan produk yang muncul belakangan adalah proses penyempurnaannya dilakukan dengan memperhatikan penerimaan pasar terhadap desain, fitur dan teknologi yang sudah lebih dulu ditawarkan oleh kompetitor. Sekaligus memproyeksi perkiraan harga pantas yang masih bisa diterima konsumen. 

Jika gambar render-an di atas tadi mendekati versi mass-production nya, ini menguatkan bahwa selera pasar saat ini adalah: dual keen eyes dengan garis tegas tajam! don't argue with your customer :D. Next, Yamaha R25 dan R15 menurut saya perlu mempersipit desain headlamp utama nya nih!

Spesifikasi dan Fitur GSX-R150

Belum banyak info lengkap yang bisa diperoleh mengenai spesifikasi detil dari Suzuki GSX-R150. Hal yang sudah pasti adalah penggunaan basis mesin yang sama dengan Suzuki Satria F150.

Berbekal keyakinan bahwa kali ini Suzuki akan lebih serius dalam mengembangkan produknya (dalam arti benar-benar memperhatikan trend dan keinginan konsumen) maka perkiraan spesifikasi dan fitur yang akan di usung oleh GSX-R150 kira-kira:

spesifikasi gsx-r150

Spesifikasi Minimum Sport Fairing 150 cc

Kolom paling kanan pada tabel di atas (highlight kuning) adalah summary dari spek motor sport fairing 150 cc yang saat ini  ada di pasar. Menurut saya spesifikasi ini menjadi standar minimum baru untuk produk sport fairing 150 cc, yang boleh jadi akan di usung oleh Suzuki GSX-R150.

Peluncuran GSX-R150 harus menjadi momentum kebangkitan penjualan Suzuki di Indonesia. Karena itu boleh lah kita memiliki harapan bahwa produk Suzuki kali ini mengusung tema breakthrough dari produk sport fairing 150 cc yang sudah ada. Alasannya sederhana, jika GSX-R150 sekedar mengusung spek dan fitur sesuai standar minimum di atas, kok sepertinya konsumen belum cukup tertarik untuk berpaling dari Yamaha R15 atau Honda CBR 150R ya? Terlebih jaringan 3S keduanya jauh lebih lengkap dari Suzuki. Ditambah jaringan marketing FansBoy mereka juga fanatik lho..he he. Ya bisa juga saya salah

Rekomendasi : fitur yang lebih advance perlu dibenamkan oleh Suzuki pada produk GSX-R150. Bahasa kerennya 'raise the bar', menjadikan GSX-R150 sebagai standar baru sport fairing 150 cc.

Saya pribadi berpendapat seandainya Suzuki berani membenamkan fitur yang selama ini dianggap 'mewah' menjadi bawaan standar pabrikan, maka momentum bisa diraih. Fitur-fitur yang bisa menjadi pilihan diantaranya:

  • upside down untuk suspensi depan,
  • shock belakang ohlins,
  • adjustable brake/clutch lever,
  • hydraulic clutch,
  • multi mode ECU mapping,
  • kaliper bybre

Terkesan ambisius? hehe.. ya mau bagaimana lagi? Salah satu handicap pendatang belakangan adalah harus memberikan nilai tambah dari produk yang sudah eksis di pasaran kalau mau dilirik bahkan di DP-in oleh customer.

Mungkin fitur-fitur di atas tidak mungkin ter-realisasi semuanya, tidak masuk akal dari segi cost. Namun beberapa bisa lho di aplikasikan, lumayan kalau saya sih bakal melirik…hehe.

Harga GSX-R150

Nah ini faktor utama, tarik menarik pembahasan di internal Suzuki mengenai spesifikasi dan fitur yang akan diusung tentunya akan bermuara pada penentuan harga. Mau di jual berapa?

Nah kalau melihat produk yang sudah ada di pasaran, kira-kira lagi rentang harganya adalah seperti ini:

harga GSX-R150

Perkiraan Rentang Harga Sport Fairing 150 cc

Jika GSX-R150 mengusung fitur yang kurang lebih terdapat pada Yamaha R15 maka harga di bawah 30 juta-an bisa di set. Nah kalau fiturnya mendekati spek All New CBR 150R, angka 32 juta-an jadi batas tertinggi.

Menurut saya, setidaknya Suzuki punya dua pilihan:

  1. Bermain di rentang harga 31 – 32 jutaan. Mengusung spek dan fitur mirip atau bahkan menyamai All New CBR-150R, Suzuki bisa memberikan pesan ke pasar bahwa "GSX-R150 adalah produk yang value for money". Mengejar harga di bawah 30 jutaan dengan spek mirip R15 menurut saya pribadi kurang menarik, jadi kemungkinan ini saya skip.
  2. Sedikiiiit di atas 32 juta, seperti yang dilakukan dengan Satria F150 injeksi yang lebih mahal sekitar 300 ribuan dari Honda Sonic. Strategi differentiation ini bisa dipilih untuk memberikan mesej bahwa "GSX-R150 is different!, but affordable"

Maksimal angka psikologis tertinggi menurut saya adalah di angka 33 juta rupiah. Diatas angka tersebut mungkin customer akan lebih mempertimbangkan motor bekas 250 cc (seperti saya, hehehe)

Nah kita tunggu saja, perkembangan ke depan. Semoga semakin positif untuk para fans Suzuki. Momentum untuk gimmick promosinya kebetulan lagi dapet nih, prestasi tim Suzuki Ecstar di motoGP juga cukup moncer di musim 2016 ini

 

Semoga bermanfaat

Ciao!

 

Related:

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here