Ninja 250, Waktunya Facelift

0
72
views

CBR250_GIIAS

Honda CBR 250RR GIIAS-2016

Sliders,

Pasca peluncuran Honda All New CBR 250RR tentunya kita penasaran dengan respon apa yang kira-kira akan dilakukan oleh KMI (Kawasaki Motor Indonesia) terhadap manuver terbaru AHM tersebut. Kalau membaca media mainstream atau blog otomotifnya wak haji taufik, KMI melalui Bpk Michael Chandra Tanadhi selaku Deputy Head Sales Dept Marketing and Sales Division menyampaikan responnya secara diplomatis.

KMI masih percaya diri dengan brand Ninja yang saat ini masih mendominasi market 250cc, ditambah brand image sebagai pionir di segmen sport premium kelas entry level ini.

Jadi, KMI akan diam saja nih?

Masih dari penuturan beliau, dari pengalaman sebelum Yamaha R25 diluncurkan tempo lalu memang ada kekhawatiran penjualan Ninja 250 akan terpengaruh. Namun kekhawatiran tersebut tidak terbukti, sebab menurutnya produk tetangga tersebut jauh dari ekspektasi konsumen.

Hmm…Yamaha R25 versi mass pro memang terlihat berbeda dari versi konsep yang ganteng. Padahal di ajang Tokyo Motorshow 2013 lalu versi konsepnya mampu mempesona banyak bikers

Tengok saja gambar di bawah ini..

Ninja 250

Yamaha R25 Concept – Yamaha R25 Mass Product

Beda kan?

Opini pribadi, garis desain R25 versi produksi massal menjadi terlalu sopan. Kurang menukik atau meruncing. Padahal CBR 250 gen1 terbukti kurang diterima baik oleh konsumen karena kesopanannya itu yang terinspirasi dari desain Honda VFR 1200. Konsumen disini dan mungkin selera global umumnya memang suka yang tidak sopan menyukai desain modern, sporty yang dituangkan dalam garis-garis tajam. 

Sekarang bandingkan ini

ninja 250

Honda CBR 250RR Concept (source) – Honda CBR 250RR Mass Product (source)

Tidak jauh berbeda bukan? berarti edisi konsep Honda ketika dipamerkan sudah mendekati final, sebaliknya dengan Yamaha R25.

Kembali ke topik, apa kira-kira yang akan dilakukan oleh KMI merespon CBR 250RR? Menurut opini pribadi dan faktor feeling mungkin seperti ini :

1. Minor Facelift

KMI adalah incumbent di market 250 cc, dan ciri khas incumbent di industri manapun adalah percaya diri dengan market cap yang saat ini dikuasainya. Pada kemungkinan pertama ini, KMI hanya akan bermain kosmetik saja sambil menunggu harga resmi Honda CBR 250RR. New stripping, warna baru, facelift ringan bisa menjadi langkah pendek di awal. Hanya saja kalau terlalu lama seperti ini mengingatkan kita pada salah satu pabrikan yang hanya mengandalkan facelift ringan selama bertahun-tahun sebelum akhirnya mengeluarkan major change ketika marketnya diusik.

2. Minor Facelift + Promo

Melengkapi langkah di atas, KMI akan menggencarkan gimmick promo. Bisa berupa bundling dengan aksesoris seperti jaket, glove, helm atau apparel apapun bentuknya sampai ke sparepart modif mungkin?

Ninja 250 dibundling dengan knalpot akrapovic atau ban pirelli adalah salah satu imajinasi saya, hehe. Promo lain bisa berupa value program membership demi meningkatkan experience konsumen dengan brand Kawasaki

3. Major Facelift + Penambahan Fitur

Dengan perkiraan selisih harga terhadap CBR 250RR sekitar Rp 5-10 Juta, KMI bisa menyeleksi fitur-fitur yang bisa ditambahkan. Menurut saya ini langkah bijak, melihat komplitnya fitur CBR 250RR. Mesin Ninja tidak perlu mendapat sentuhan terlalu banyak, cukup fitur elektronik seperti multimode ECU mapping, speedometer dengan fitur MID yang lebih lengkap , dan throttle by wire mungkin?

Penyegaran desain fairing mungkin bisa menjadi tambahan penyedap tiada tara. KMI berada di posisi dimana produk sport 250 cc nya sudah lebih dahulu diterima oleh konsumen, tentu sudah banyak juga masukan yang bisa dijadikan referensi penyempurnaan Ninja 250. Intinya jangan sampai konsumen yang sudah loyal dengan brand ini merasa brand kesayangannya nampak obsolete.hihi..

4. Final Fantasy: Four Cylinder Inline Ninja 250

Terakhir, opsi yang akan nampak WOW namun kurang realistis adalah upgrade konfigurasi mesin Ninja 250 menjadi empat silinder. Suara syahdu mesin empat silinder akan sangat mumpuni merontokkan iman konsumen yang dalam kebimbangan antara CBR 250RR atau Ninja 250. Apalagi jika diiringi juga dengan langkah facelift nomor 3 di atas, telak sudah. Tapiiii….ini tidak realistis ketika berbicara besaran harga yang harus dibanderol

Sebagai perbandingan, berikut adalah ilustrasi perkiraan harga CBR 250RR vs harga Ninja 250R saat ini untuk JABODETABEK

Ninja 250

Perbandingan Harga Ninja 250R vs Perkiraan Harga CBR 250RR

Kepastian harga CBR 250RR baru akan kita ketahui di sekitar bulan Oktober tahun ini setelah produksi massal. Tapi dari tabel harga di atas, sliders tentu sudah bisa memutuskan motor mana yang akan dipinang. Jika sudah terlanjur mencintai brand Kawasaki, tidak ada salahnya wait n see melihat langkah KMI selama beberapa bulan kedepan sambil memantau kesan dan experience konsumen CBR 250RR gelombang awal yang sudah melakukan indent.

Tebakan saya, langkah No.3 akan diambil oleh KMI. Kecil kemungkinannya KMI akan berdiam diri kalau melihat CBR 250RR versi mass pro seganteng itu, hehe. Di GIIAS 2016 saja AHM booth AHM ramai dikerubungi oleh pengunjung yang penasaran dengan si ganteng ini. Kalau meleset mohon maaf karena sebatas nebak..hehe

 

Semoga bermanfaat,

ciao!

Related:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here