Berita motoGP, Debut Sam Lowes di Aprilia

0
36
views

berita motogpSam Lowes (sumber)

Sliders, berita motogp kali ini mengabarkan kepastian Sam Lowes untuk melakukan debutnya di kelas motoGP bersama Aprilia. Kapan? kabarnya setelah seri Assen Belanda, Lowes akan melakukan sesi tes bersama tim yang akan dibelanya musim depan tersebut. 

Kabar di atas sebenarnya tidak mengejutkan, kenapa? 

Karena kontraknya dengan Aprilia sebenarnya sudah deal sejak tahun lalu (2015). Lalu kenapa bukan sedari tahun ini saja ia bersama Aprilia? Hmm.. karena Lowes masih penasaran dengan gelar juara dunia moto2 yang di tahun 2015 lalu belum dapat diperolehnya. Saat itu ia hanya mampu mengamankan posisi keempat klasemen pembalap.

Tahun 2016 ini, Sam Lowes membalap bersama Gresini Racing moto2 hanya untuk satu musim. Dua musim sebelumnya ia habiskan bersama Speed up team. Lowes berharap sasis Kalex yang digunakan tim barunya ini mampu membantunya mengamankan gelar. Untuk sementara perburuan gelar juara dunia moto2 dipimpin oleh Alex Rins, dan Lowes hanya berselisih delapan poin dengan sang pemimpin klasemen tersebut. Dibelakangnya ada Johann Zarco yang menguntit dengan selisih hanya dua point, benar-benar ketat.

Sampai dengan saat ini, baru Sam Lowes dan Jonas Folger rider dari kelas moto2 yang sudah dipastikan akan berlaga di kelas motogp pada musim depan. Dua moto2 rider lain yang ramai diberitakan, Johann Zarco dan Alex Rins kemungkinan besar akan menyusul. Mungkin dalam beberapa minggu kedepan kita akan memperoleh berita motogp terbaru, siapa pembalap kedua Suzuki, dan siapa pembalap kedua Yamaha Tech-3.

Skenario sementara yang berkembang adalah Alex Rins ke Suzuki, sedangkan Johann Zarco ke Yamaha Tech-3. Tapi semua belum pasti, sebab baru-baru ini Zarco dikabarkan sedang melakukan tes bersama Suzuki. Ditambah rencana tim satelit Suzuki motogp yang akan diputuskan bulan Juni ini, tentu akan mempengaruhi peta transfer pembalap.

Apalagi baik Zarco maupun Rins keduanya sama-sama didekati Suzuki. Berandai-andai jika ternyata Suzuki menggunakan kedua pembalap tersebut, maka akan ambisius sekali. Dengan catatan rencana tim satelit tersebut jadi dilaksanakan tahun depan. Kita tunggu saja

Aprilia 2nd Rider

Dengan bergabungnya Sam Lowes ke Aprilia Racing team Gresini musim depan, maka salah satu dari rider Aprilia tahun ini harus mencari tim baru kalau tidak ingin menganggur di musim depan. Siapa diantara Stefan Bradl dan Alvaro Bautista yang akan menjadi tandem Sam Lowes?, Aprilia belum memutuskannya. Bahkan berita motogp yang mengemuka, Aleix Espargaro disebut-sebut sebagai salah satu kandidat. Aleix sendiri sampai dengan saat ini masih belum diajak diskusi oleh Suzuki mengenai kontraknya di musim depan.

Sebagai perbandingan, prestasi ketiganya adalah sebagai berikut :

berita motogp

Klasemen Sementara Aleix Espargaro (#41,sumber) – Stefan Bradl (#6,sumber) – Alvaro Bautista (#19,sumber)

Tentu secara kasar Aleix Espargaro mencatatkan hasil yang jauh lebih bagus dibandingkan duo Aprilia saat ini. Namun perbandingan di atas perlu dilihat lagi dengan mempertimbangkan hal-hal seperti:

  • Aprilia baru melakukan debutnya kembali di tahun 2015 lalu setelah rehat selama 10 tahun!!. Meski secara unofficial Aprilia sudah comeback melalui tim CRT nya ART GP di tahun 2012 silam, mengandalkan modifikasi RSV-4 yang biasa digunakan pada ajang WSBK. Nah Musim 2015 Aprilia berkiprah secara resmi sebagai tim pabrikan, dan musim tersebut digunakan untuk pengembangan sambil balapan, dan akan full spec di tahun 2016 (katanya).

  • Suzuki dan Aprilia memang sama-sama comeback di tahun yang sama. Namun performa Aleix Espargaro di atas Suzuki GSX-RR didukung oleh kenyataan bahwa Suzuki tidak tidur dari motoGP sepanjang Aprilia, hanya tiga tahun kok. Meskipun jeda segitu juga menimbulkan banyak hal yang harus di catch-up

Secara historis kiprah Aprilia lebih dikenal sebagai pabrikan paling dominan di kelas GP125 dan GP250. Saat kedua kelas tersebut masih menggunakan mesin dua langkah. Hampir semua pembalap papan atas motogp pernah merebut tittel juara dunia di kelas 125/250 bersama Aprilia. Sebut saja Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Max Biaggi, Loris Capirossi, Marco Melandri semua pernah merasakan juara di atas Aprilia RSW 125/250.

Namun di kelas premier, Aprilia belum pernah mencatat cerita sukses. RS Cube nya gagal mencatat hasil yang diharapkan, dan kiprah terakhirnya adalah tahun 2004 lalu bersama Jeremy McWilliams dan Shane Byrne. 

berita motogp

Jeremy McWilliams-Aprilia (sumber)

Semoga bersama Sam Lowes dan (mungkin) Aleix Espaegaro Aprilia RS-GP mampu berbuat lebih banyak.

 

By the way comebacknya Aprilia dan Suzuki ditandai dengan perubahan dalam prinsip desain konfigurasi mesin motogp mereka. Dulu mesin Suzuki GSVR berkonfigurasi V4 60o dan 65o , kini GSX-RR nya menggunakan mesin empat silinder segaris. Dulu Aprilia RS Cube menggunakan konfigurasi tiga silinder segaris, kininRS-GP nya menggunakan mesin V4.

Semoga bermanfaat, 

ciao! 

 

Related:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here