Review Grip Lock Pengaman Motor

3
1268
views

Screen Shot 2016-05-21 at 11.00.53 PM

Saya mengetahui pengunci handle rem/kopling model Grip Lock ini saat berkunjung ke rumah pemilik lama motor yang saat ini bertengger di garasi rumah saya, hehe. Bermaksud cek fisik kondisi motor yang akan saya pinang, saya melihat sang pemilik lama menggunakan kunci pengaman bernama Grip Lock. Penamaanya sesuai dengan mekanisme penggunaanya, insya Allah tidak menyesatkan.

in Brief

Produk ini didesain untuk menjepit handle rem dengan grip gas dan/atau menjepit handle kopling dengan grip sebelah kiri. Pilih salah satu jika hanya memiliki satu Grip Lock, namun jika memiliki dua unit Grip Lock maka dimungkinkan untuk mengunci handle rem dan handle kopling secara bersamaan. Kesan pertama ketika melihat dan menyentuh produk buatan New Zealand ini adalah "PLASTIK" meskipun material housingnya solid. Orang awam akan menyebutnya plastik, namun jika membaca dari website resminya disini kita baru mengetahui bahwa material yang digunakan adalah:

  • spring steel, dan
  • glass reinforced nylon untuk housing nya

Yang saya ketahui, spring steel adalah satu dari banyak tipe baja. Baja jenis ini biasa digunakan sebagai per kendaraan dengan bentuk bilah-bilah yang disusun bertumpuk atau lebih sering dikenal dengan istilah per daun. Sepertinya baja jenis ini pengaplikasiannya luas, tidak hanya untuk per kendaraan. Mungkin penyebutan spring steel lebih dikarenakan sifatnya yang lentur diantara tipe baja yang lain. Tapi selentur-lenturnya baja ya tetap solid. Grip Lock menggunakan spring steel berdimensi 3 x 3.1 mm dan dibungkus dengan housing berbahan nilon yang diperkuat dengan serat kaca (fiber glass).

Palsu dan Asli

Tertarik menebus Grip Lock, saya menghubungi sang pemilik lama motor yang telah saya pinang ini. Bermaksud menanyakan harga dan dimana ia memperoleh kunci pengaman tersebut. Menurutnya ia mendapatkan Grip Lock tersebut dari situs belanja online dengan estimasi harga sekitar 150 ribu-an.

 

Grip Lock palsu

Produk Tiruan Grip Lock

Kok murah? padahal di Bhinneka.com perasaan terdalam saya mengatakan bahwa rasa-rasanya harganya jauh melangit di atasnya. Dan benar saja setelah berkelana kesana kemari di internet, saya temukan bahwa barang ini harganya menembus jauh dari angka psikologis 500 ribu. Tepatnya di harga Rp 785,000! Selisih yang terlalu jauh tentu membuat siapapun akan keheranan sekaligus curiga.

Grip Lock resmiGrip Lock resmi disini

Benar saja, setelah membaca review dari beberapa website, forum diskusi dan lapak-lapak online ternyata barang ini sudah ditiru. Bentuk dan penamaannya serupa, dengan logo brand yang saru dengan aslinya membuat konsumen yang tidak berhati-hati akan kebingungan. Saya tidak punya informasi mengenai bagaimana kualitas Grip Lock tiruan, namun dari niat produsen yang tidak baik saya sudah tidak bersimpati. Tidak ada keterangan material yang digunakan produk tiruan tersebut.

Untuk membedakan Grip Lock asli dan tiruan perhatikan :

  • Harga Grip Lock asli mahal. Sangat mahal malahan untuk sebuah gembok, uangnya bisa untuk belanja bulanan. Bersikap bijak, beli produk ini hanya jika masih ada sisa uang belanja dan jangan sebaliknya.
  • Jika menemukan Grip Lock jauh di bawah harga asli lebih baik hindari atau beli produk alternatif saja tapi resmi. Hindari rasa senang menggunakan barang palsu, lebih baik murah tapi resmi.
  • Logo Grip Lock asli hanya menggunakan tanda titik merah pada huruf 'i' dari kata Grip. Sedangkan Grip Lock palsu menggunakan icon lubang kunci pada huruf 'o' pada kata Lock
  • Logo Grip Lock tiruan menambahkan dua garis horizontal di atas dan di bawah tulisan "Grip Lock" sedangkan produk asli tidak
  • Grip Lock asli mencantumkan alamat website Grip-Lock.com pada kemasannya

Unboxing

Saya mendapatkan Grip Lock ini dari situs jual beli online Bhinneka.com sekitar dua hari sejak saya melakukan transaksi.  Kenapa beli di bhinneka? karena statusnya sebagai distributor resmi dan saat itu ada diskon. 

Membuka kemasan Grip Lock kita hanya akan menemukan produk Grip Lock itu sendiri dan dua buah kunci. Tidak ada kertas manual yang diselipkan di dalamnya. Satu-satunya petunjuk penggunaan tercantum di kemasan luar secara singkat, karena memang penggunaanya sangat mudah. Namanya juga gembok mau serumit apa?hehe.

kemasan Grip Lock

Kemasan Grip Lock

Menggunakan Grip Lock sangat mudah, kita hanya perlu menjepit grip gas dengan handle rem. Caranya? pada Grip Lock terdapat dua lubang, yang pertama adalah lubang bulat besar dan lubang berbentuk persegi panjang dengan dimensi lebih kecil dari lubang pertama. Lubang bulat besar digunakan untuk menjepit grip gas, sedangkan lubang kedua yang berbentuk persegi panjang digunakan untuk menjepit handle rem

Bagan Grip Lock

Bagian dalam Grip Lock

Sebelumnya kita perlu mengatur dulu jarak kuncian antara grip gas dengan handle rem. Jika menggunakan handle rem/kopling variasi yang ada pengaturan jaraknya bisa disesuaikan terlebih dahulu sebelum menjepit Grip Lock pada handle rem motor. 

Pengatur Grip Lock

Pengatur Jarak Jepit

Cara mengunci Grip Lock juga sangat mudah, hanya perlu menekan rumah kunci ke dalam maka jepitan akan terkunci. Perlu di ingat, posisi rumah kunci akan menonjol jika jepitan dalam posisi tidak terkunci

Grip Lock on dan off

Grip Lock Posisi OFF (kiri, tidak terkunci) dan ON (kanan, terkunci)

Untuk lebih mudah memahami penggunaan Grip Lock, silahkan simak video di bawah ini

 

Efektifitas

Dengan harganya yang mahal, efektifitas dari penggunaan pengaman jenis ini belum tentu sebanding. Mengapa? padahal saya juga memilikinya. Sebab maling menghalalkan segala cara untuk mendapatkan motor yang sudah diincarnya. Cara efektif menghindari niat jahat maling adalah menjadikan motor tidak mudah dijadikan incaran.

Penggunaan Grip Lock menjadi tidak efektif ketika maling memiliki determinasi tinggi. Boleh saja kita sudah menjepit handle rem atau kopling. Namun apa susahnya sang maling memotong kabel rem atau kopling? Kalau hal ini terjadi memang kendaraan menjadi rusak dan tidak bisa dikendarai. Misi maling akan berhasil ketika ia rajin menuntun motor atau difasilitasi mobil pick-up. Tentunya ia harus dalam situasi yang sangat leluasa.

Tidak menempatkan kendaraan dalam situasi yang leluasa bagi maling juga perlu dilakukan untuk menambah rasa aman. Memarkir dekat pos keamanan, sering-sering bertegur sapa dan berbagi makanan/kopi dengan penjaga parkiran langganan bisa jadi lebih efektif.

Lalu kenapa saya menggunakan Grip Lock? karena lokasi parkir motor yang biasa saya singgahi lokasinya ramai dan jarak antar motor sangat sempit. Akan mencolok jika sang maling membawa mobil pick-up. Penggunaan kunci pengaman sejatinya adalah memberikan efek deterrent kepada maling. Hanya untuk menghambat, dan berharap dengan demikian motor kita tidak menjadi target.

Karena maling juga punya prinsip, kalau ada yang mudah untuk apa ambil yang sulit. Menggunakan lebih dari satu kunci pengaman juga boleh dilakukan kalau tidak repot, harapannya akan maling semakin ilfil terhadap motor kita.

Bonus: Kilas Balik Gembok Pengaman

Jaman SMA dulu (1997 – 2000), pengaman motor paling umum masa itu adalah "kunci garpu" roda depan. Mekanismenya adalah menyelipkan batang besi di sela-sela jeruji atau palang velg roda depan. Model ini populer sekali sebelum tergantikan oleh model pengunci cakram yang minimalis. Entah kemana sekarang keberadaan model garpu ini sekarang, sudah jarang yang menggunakan, jarang ditemukan di toko aksesoris, bahkan di museum juga tidak ada :P.

grip lock

Kunci Ganda Jaman Dahulu : posisi OFF (kiri) dan posisi ON (kanan)

Dengan bentuk yang tidak memenuhi unsur estetika, dimensi yang besar membuat riders jaman sekarang enggan menjadikannya sebagai pilihan, termasuk saya. Terakhir menggunakan kunci ganda model garpu adalah SMA kelas tiga, mengingat kualitas rumah kunci yang digunakan mengalami kemunduran. Besi garpunya mungkin solid tapi rumah kuncinya seperti dibuat dari besi sisa scrap yang di cor, digetok saja ambrol.

ah masa-masa SMA..

 

 

Semoga bermanfaat, silahkan berpendapat 🙂

ciao!

 

Related:

  • No Related Posts

3 COMMENTS

  1. bang di youtube saya comment sebanyak 3x kenapa tidak ada tanggapan sama sekali ?? saya mau datang langsung ke tempat nya dan saya bertanya di toko mana yg jual grip lock original ini selain dari jual beli online di bhinneka.com 

    Mohon dijawab karena  saya membutuhkan alat tersebut utk menghambat aktivitas maling.

    • Saya tidak tahu mas kalau toko offline nya, saya hanya me-review dan share pengalaman saya. Pengalaman saya adalah berbelanja di bhinneka.com, dan saya bukan pedagang… hanya enthusiast roda-2 yang ingin membagi pengalaman. Kedua, saya juga bukan/belum full time blogger, masih bekerja sehari2 di kantor yang tentunya ada rutinitas yang harus saya kerjakan…mohon maaf jika saya tidak langsung merespon.

  2. wow menarik sekali pengamannya om, tpi yg model garpu roda (model jadul) lebih tidak d sukai maling, harus lepas roda atw gotong royong d naikin ke pickup,, menurut saya lebih aman dan tenang, walaupun mau ngunci aja kita harus jongkok dan puter ban dulu baru ceklek,, wkwkwk,, tp keberadaannya sudah sangat langka skrng,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here