Yamaha Tech3 Kontrak Jonas Folger

1
53
views

Jonas Folger for Yamaha Tech3 2017

Jonas Folger, Dahulu dan Kini (sumber)

Silly Season 2016 masih terus bergulir! Namun kali ini berupa berita resmi. Rilis berita dari motogp.com menyebutkan bahwa Yamaha Tech3 akhirnya sudah memastikan satu pembalapnya untuk musim 2017. Adalah Jonas Folger, pembalap 22 tahun berkebangsaan Jerman yang saat ini membalap untuk tim Moto2 Dynavolt Intact GP.  

Jonas Folger memulai debut GrandPrixnya pada tahun 2008 bersama Red Bull MotoGP Academy team, menunggangi KTM 125 FRR. Prestasi terbaiknya selama di kelas 125 cc adalah peringkat keenam klasemen pembalap di tahun 2011 bersama Red Bull Ajo Motorsport menunggangi Aprilia RSA 125.

Dua tahun berikutnya ia berkompetisi di kelas Moto3, kelas pengganti GP 125 cc 2 tak. Prestasi terbaiknya di kelas moto3 adalah posisi kelima  klasemen pembalap yang dicapainya pada tahun 2013.

Lalu bagaimana performa Jonas Folger di kelas moto2?

Statistik Karir

  • 2006 125cc Spanish Championship, posisi 3 klasemen
  • 2007 125cc Spanish Championship, posisi 15 klasemen
  • 2008 125cc Spanish Championship, 125cc World Championship wildcard (Republik Ceko, San Marino, Indianapolis, Jepang, Malaysia dan Valencia) posisi 34 klasemen
  • 2009 125cc World Championship, posisi 12 klasemen, “Rookie Of The Year”
  • 2010 125cc World Championship, posisi 14 klasemen
  • 2011 125cc World Championship, posisi 6 klasemen
  • 2012 Moto3™ World Championship, posisi 9 klasemen 
  • 2013 Moto3™ World Championship, posisi 5 klasemen 
  • 2014 Moto2™ World Championship, posisi 15 klasemen
  • 2015 Moto2™ World Championship, posisi 6 klasemen

Tahun 2014-15 ia habiskan bersama AGR Team berkompetisi di kelas Moto2, prestasi terbaiknya adalah klasemen keenam pembalap di musim 2015. Grafik performa Jonas Folger sepanjang dua musim pertamanya di Moto2 tergolong masih mencari bentuk. Mungkin karena masih masa penyesuaian dari moto3 ke moto2. 

Musim 2015 lalu ia mampu menunjukkan progress dengan menyelesaikan balapan di posisi lebih baik dari tahun sebelumnya pada setiap serinya. Sedangkan di musim 2016 sekarang, meskipun kompetisi baru berlangsung empat seri hasil yang ia peroleh semakin menunjukkan tingkat kematangannya.

Grafik Performa Jonas Folger Yamaha Tech3Grafik Performa Jonas Folger di Kompetisi Moto2

 

Bos tim Yamaha Tech3, Herve Poncharal beberapa kali menyebut-nyebut nama Folger dalam beberapa kesempatan ketika disinggung rencana komposisi rider di tim nya tersebut. Sebelumnya Jonas Folger sudah sempat didekati oleh Herve Poncharal pada pertengahan 2014 untuk berlaga bersama Yamaha Tech3 di motoGP musim 2015. Namun saat itu ia  ditengah proses negosiasi kontrak berdurasi dua tahun (2015-2016) bersama Aginano & Gines Racing – AGR Team.

Di timnya yang sekarang, Folger sebenarnya terikat kontrak dua tahun (2016-2017) bersama Dynavolt Intact GP di kelas moto2 sampai dengan musim 2017. Kemungkinan kontraknya bersama Dynavolt memuat klausul 1+1 (1year contract + 1year optional) sehingga ia dapat bergabung dengan Yamaha Tech3 tahun depan.

Jonas Folger

Jonas Folger, Dynavolt Intact GP Moto2 (sumber)

Nah, Baru sekarang opa Poncharal kesampaian mendapatkan pembalap incerannya tersebut, tapi kontrak Folger bersama Yamaha Tech3 juga disebut-sebut memuat klausul one year contract dengan opsi untuk tahun 2018 (sumber)

Finding the 2nd Rider

Dengan bergabungnya Jonas Folger ke Yamaha Tech3, berarti menyisakan satu seat lagi. Pol Espargaro diragukan akan tetap bersama Yamaha Tech3 untuk musim 2017, beberapa kali ia menunjukkan sikap kritis terhadap timnya tersebut, seolah mengindikasikan keinginan untuk berganti pabrikan. Kontrak Pol Espargaro saat ini adalah bersama Yamaha Factory, ini berarti Yamaha memiliki hak untuk menempatkan pembalap untuk mengisi seat tersisa di Tech3. 

Alex Rins

Lama disebut-sebut sebagai rider yang juga dilirik Yamaha sebagai kandidat skuadnya. Lin Jarvis pernah mengatakan bahwa Alex Rins berada dalam radar pengamatan Yamaha Factory. Entah apakah ia akan dipasangkan bersama Valentino Rossi di Yamaha Movistar atau akan di ‘book’ dulu di Tech3.

Johann Zarco

Yamaha Tech3 saat ini juga sedang mendekati Johann Zarco sebagai kandidat rider keduanya. Johann Zarco yang juga juara moto2 di tahun 2015 ini kabarnya juga sedang didekati oleh Suzuki Ecstar, sebagai plan B seandainya Maverick Vinales benar-benar meninggalkan pabrikan berlogo S besar tersebut.

Alex Lowes

Kandidat lain pengisi seat kedua di Yamaha Tech3 adalah pembalap Superbike Pata Yamaha team Alex Lowes, tapi Lowes masih memiliki kontrak satu musim lagi bersama tim nya tersebut, entah apakah Tech3 akan sanggup menyiapkan cash sebagai kompensasi kontraknya bersama Pata Yamaha atau tidak.

Pol Espargaro

Jika pada akhirnya salah satu dari skenario di atas tidak terjadi, mempertahankan Pol Espargaro bisa menjadi pilihan yang aman bagi Yamaha Tech3. Tinggal tergantung om Pol saja, masih mau atau tidak..hehe. 

Ada pendapat?

Semoga bermanfaat

ciao!

Related:

1 COMMENT

  1. […] Menjelang seri kelima motoGP Le Mans Perancis, sejumlah tim secara resmi mengumumkan komposisi rider nya untuk musim depan. Dari sejumlah isu yang beredar, untuk bursa pembalap papan atas baru Jorge Lorenzo yang confirmed perihal kepindahannya ke Ducati Corse musim depan. Untuk bursa rider di tim satelit,  Yamaha Tech3 kemarin sudah mengumumkan deal nya dengan Jonas Folger.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here